Skip to content
Increase font size Decrease font size Default font size

Globalindo Niaga Prima

Home Tips & Trik Bagaimana Cara Memeriksa Mesin AC Anda Sebelum Memanggil Teknisi Servis

 

Bagaimana Cara Memeriksa AC Rumah Anda, Sebelum Memanggil Teknisi Servis AC

Tentu saja akan menjadi hari-hari yang sangat panas apabila AC anda berhenti bekerja alias rusak! Melakukan perbaikan/servis dapat memakan biaya yang cukup mahal, dan anda akan terus berkeringat selama menunggu Teknisi Servis AC. Kami akan berikan langkah-langkah yang mungkin dapat menghemat uang anda, dan membuat anda tetap dingin pada saat yang bersamaan!


Metode 1: Troubleshooting

  1. Check Your Air Conditioner Before Calling for Service Step 1.jpg
    1
    Menilai permasalahan. Apakah unit AC benar-benar tidak berfungsi sama sekali, apakah kurang dingin, atau apakah AC anda hanya meniupkan udara hangat, tidak dingin?
  2. Check Your Air Conditioner Before Calling for Service Step 2.jpg
    2
    Tidak berfungsi sama sekali: kondensor (unit outdoor) atau unit indoor unit tidak berfungsi.
    • Pastikan listrik sudah terpasang. Terkadang ada saat-saat ketika hal ini adalah sumber masalahanya,  Apa mungkin disebabkan anak-anak, binatang peliharaan atau tidak tidak sengaja tersenggol, ada kemungkinan colokan listriknya lepas.
    • Periksa MCB listrik atau sekering. pastikan sudah terpasang dengan benar dan berfungsi dengan baik. MCB, khususnya untuk rumah-rumah yang sudah agak tua, sangat mudah kelebihan beban (overload) jika listrik AC berbagi dengan peralatan lain seperti setrika. lemari es, atau microwave.

       

      Check Your Air Conditioner Before Calling for Service Step 2Bullet2.jpg
    • Periksa remote control, dan pastikan sudah diatur ke posisi dingin (cool) dengan suhu yang diinginkan, dan berfungsi dengan baik. Seperti juga colokan listrik, terkadang pengaturan berubah secara tidak sengaja. 

       

      Check Your Air Conditioner Before Calling for Service Step 2Bullet3.jpg
  3. Check Your Air Conditioner Before Calling for Service Step 3.jpg
    3
    Periksa tali kipas blower dari terlalu kendur, kerusakan, atau putus. Hal ini bisa menyebabkan udara yang ditiupkan terlalu kecil yang akan menyebabkan terjadinya pembentukan es (icing) dan sekaligus akan menyebabkan kinerja pendinginan kurang baik.
    • Perbaiki atau ganti tali kipas. Biarkan es mencair sebelum menyalakan unit AC.
  4. Check Your Air Conditioner Before Calling for Service Step 4.jpg
    4
    Periksa koil dan filter. Jika mereka berlapis debu dan kotoran-kotoran, bersihkan secara menyeluruh. Pastikanes sudah mencair sebelum anda menyalakan unit AC.
  5. Check Your Air Conditioner Before Calling for Service Step 5.jpg
    5
    Panggil Teknisi Servis. Jika anda sudah memastikan semuanya terhubung, listrik ada, pengaturan sudah benar, dan bersih, mungkin ini saatnya anda memanggil Teknisi AC Profesional.

 

Metode 2: Pemeliharaan Pencegahan

  1. Check Your Air Conditioner Before Calling for Service Step 6.jpg
    1
    Cuci koil kondensor secara teratur, atau sesuai kebutuhan. Matikan AC anda, ambil selang, dan semprot koil dengan pola keatas kebawah. Perhatikan apakah unit kondensor dekat dengan perlatan yang mengeluarkan panas, atau tetangga anda mempunyai dengan pohon kapas. Kedua hal ini adalah "pembunuh AC".
  2. Check Your Air Conditioner Before Calling for Service Step 7.jpg
    2
    Bersihkan atau ganti filter secara teratur. Langkah sederhana ini dapat meningkatkan efisiensi dari AC anda, dan juga akan akan meringakan beban AC anda, meningkatkan umur AC anda.
    • Pertanda bahwa filter membutuhkan penggantian adalah terjadinya pembentukan es (icing) didalam unit evaporator (indoor).
    • Ini mungkin sulih untuk dilihat, tetapi coba sentuh lempengan besi yang berada diluar dan rasakan apakah ada perbedaan temperatur yang terasa. Anda juga bisa melihat es pada pipa besar yang berada di unit outdoor.
    • Jika ada pembentukan es, sangat dimungkinkan filter udara AC anda  kotor dan menghambat keluarnya aliran udara yang normal. Ini akan menyebabkan es terbentuk dikarenakan tidak cukup pemanasan yang masuk ke dalam bagian pendinginan.

Tips

  • Memelihara AC anda dan diservis secara teratur akan meningkatkan efisiensi dari AC anda, mengurangi pemakaian listrik, dan mencegah keausan pada peralatan AC anda.
  • Jaga AC anda tetap bersih agar kinerja AC optimal dan handal.

    Peringatan

    • Jangan menekuk "sirip yang ada diluar kondensor. Pastikan untuk mencuci koil dengan mode keatas kebawah.

    • Jangan mencoba untuk mendiagnosa masalah listrik kecuali anda telah dilatih dengan baik dan / atau berlisensi.

    • Jangan mencoba pekerjaan perbaikan kecuali Anda adalah teknisi mesin pendingin udara profesional atau berlisensi. Kebanyakan negara memerlukan kontraktor mesin pendingin udara berlisensi untuk melakukan pekerjaan perbaikan.

    • Jangan langsung berasumsi bahwa jika AC Anda tidak bekerja, termostat yang bersalah. Mengutak-atik thermostat atau kabel dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada sebelumnya. Jika tidak ada yang terjadi dengan seting termostat, segera hubungi bagian servis.

    • Jangan mencoba untuk menambah atau membuang refrigeran dari sistem AC anda, kecuali anda seorang teknisi profesional.

    • Jika ragu, berhenti. Segera hubungi Teknisi pendingin udara profesional.




    (sumber: http://www.wikihow.com/)


     
    Joomla SEO powered by JoomSEF

    Kami memiliki 70 Tamu online

    Join Us on Facebook

    Website Statistik

    Anggota : 464
    Konten : 97
    Web Link : 17
    Jumlah Kunjungan Konten : 592289