Skip to content
Increase font size Decrease font size Default font size

Globalindo Niaga Prima

Home Tips & Trik Bagaimana Sistem AC Rumah Anda Bekerja

 

Bagaimana Sistem Air Conditioning ( AC ) Rumah Anda Bekerja

Bagaimana cara AC bekerja, mungkin bagi kebanyakan orang masih merupakan misteri. Tungku Pemanas mudah untuk dimengerti, mereka memanaskan udara dan meniupkannya kesekitar rumah anda melalui saluran. Boiler membuat air menjadi panas atau uap dan menyalurkannya di dalam rumah anda melalui pia-pipa. Tetapi bangaimana sistem AC dapat membuat udara disekitar menjadi dingin dan menghilangkan kelembaban udara?

Bagaimana AC Bekerja

Bayangkan sebuah AC sebagai sebuah mesin yang mengambil panas dari ruangan di rumah anda dan mengeluarkannya dengan menggunakan lima bagian yang saling terkait:

  • Refrigeran
  • Kompresor
  • Kondensor
  • Katup Ekspansi
  • Koil Evaporator

Ada banyak jenis sistem AC yang dapat digunakan di rumah, termasuk split, portabel, duct, dan AC sentral. Mereka semua menggunakan komponen-komponen diatas dan pendinginan ekspansi langsung.

Refrigerant

Refrigeran adalah "darah" dari sistem AC, dipompa melewati sistem AC. Sistem AC merubah kondisi Refrigerant dari uap gas menjadi cairan, mengumpulkan panas dari ruangan anda dan menguarkan panas tersebut keluar. Refrigeran memiliki "boiling point" rendah, artinya refrigeran berubah dari cair ke uap pada temperatur rendah.

Kompresor

Bayangkan kompfresor sebagai "jantung" dari sistem AC, memompa refrigeran melalui seluruh komponen pendingin dalam pengulangan yang terus menerus. Refrigeran masuk ke kompresor sebagai uap hangat bertekanan rendah dan meninggalkannya sebagai uap panas bertekanan tinggi

Kondensor

Dari kompresor, uap refrogeran panas dipindahkan ke kondensor. Disini uap refrigeran panas bertekanan tinggi didinginkan oleh tiupan udara melalui sirip-sirip condensing koil oleh kipas kondensor pada saat berpindah melewati koil-koil bersirip tersebut. Sebagai refrigeran "dingin" kondisinya berubah dari uap panas menjadi cairan panas pada tekanan tinggi dan bergerak kedalam katup ekspansi. Kompresor, kondensor koil dan kipas kondensor, itu semuanya terletak pada kotak besar bising yang berada diluar rumah anda dan seing disebut sebagai outdoor (condensing unit).

Katup Ekspansi

Katup ekspansi adalah yang sebenarnya melakukan pekerjaan. Sebagai cairan panas refrigeran melewati lubang kecil pada tekanan tinggi di katup pada satu sisi, ia muncul sebagai kabut dingin bertekanan rendah pada sisi lainnya sebagai gas. dan dingin. Jadi sekarang kita mempunyai cairan kabut dingin bertekanan rendah yang bergerak kedalam koil evaporator.

Koil Evaporator

Cairan dingin bertekanan rendah meninggalkan katup ekspansi, sekarang bergerak melalui koil evaporator yang berada di unit indoor AC anda. Disini udara panas di ruangan anda ditiupkan melalui koil evaporator dan menjadi panas, sementara koil yang dingin mendinginkan udara yang ditiupkan melewatinya dan dikembalikan ke dalam ruangan anda. Pada saat refrigeran menjadi panas, dia akan mendidih dan berubah dari  cairan yang dingin dan menguap menjadi uap yang hangat. Dari sana dia bergerak kembali kedalam kompresor dan condensing unit dan siklus pendinginan tersebut terus berlanjut.



 
Joomla SEO powered by JoomSEF

Kami memiliki 107 Tamu online

Join Us on Facebook

Website Statistik

Anggota : 464
Konten : 97
Web Link : 17
Jumlah Kunjungan Konten : 592141