Skip to content
Increase font size Decrease font size Default font size

Globalindo Niaga Prima

Home Berita / News Pertamina Bidik Pelanggan Industri
Pertamina Bidik Pelanggan Industri

 

gedung bertingkat

SURABAYA, KOMPAS - Pertamina membidik pelanggan industri dalam meningkatkan penggunaan refrigeran hidrokarbon yang disebut Musicool, untuk mengisi pendingin. Meski dikenalkan kepada masyarakat sejak tahun 2004, ketergantungan pada freon masih diatas 90%.


Dengan pertimbangan tersebut, Pertamina bersama Globalindo Niaga Prima mensosialisasikan pemakaian refrigeran hidrokarbon di berbagai daerah di Indonesia. Musicool bisa digunakan di Industri maupun Rumah Tangga. Namun sebagai permulaan, kami membidik pelanggan Industri, perkantoran dan pusat perbelanjaan, tutur Direktur Utama Globalindo Niaga Prima, Komara A. Hidayat.

Musicool ini digunakan untuk berbagai jenis pendingin ruangan gedung serta barang, antara lain kulkas air-conditioner (AC), dan chiller.

Saat ini kapasitas produksi Musicool sebesar 1,12o metrik ton per tahun. Akan tetapi produksi yang terserap sangat minim, baru 127 metrik ton dalam satu tahun, dan sebagian besar terserap oleh industri.

Patut Diperhatikan
Menurut Manajer Pemasaran Produk Gas Domestik Direktorat Pemasaran dan Niaga Pertamina, Agus Nugroho, besarnya ketergantungan pelanggan pada refrigeran sintetis sampai sekarang patut menjadi perhatian. "Refrigeran sintetis merusak ozon, oleh karena itu sebaiknya beralih menggunakan Musicool", ujarnya.

Pemakaian refrigeran hidrokarbon, kata Agus, memberi keuntungan bagi pengguna. Selain pemakaiannya hanya 30% refrigerant sintetis, biayanya juga lebih murah. Praktis pelanggan bisa menghemat pengeluaran untuk membayar b iaya listrik.

Meski demikian dalam mengisikan Musicool terdapat potensi kegagalan. Kondisi ini umumnya terjadi akibat teknisi kurang memahami karakteristik Musicool yang berbeda dengan refrigeran sintetis. "Ini termasuk cara pengisian mesin kapasitas besar dan kecil. Teknisi kurang berpengalaman atau teknisi kurang hatu-hati", kata Komara.

Berdasarkan pemakaian Musicool oleh beberapa pelanggan, pemakaian listrik turun s/d 30% persen dari kondisi semula, selain itu ,efek refrigeran terhadap alat pendingin akan lebih baik. (BEE)

Comments (0)
Only registered users can write comments!

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 
Joomla SEO powered by JoomSEF

Kami memiliki 74 Tamu online

Join Us on Facebook

Website Statistik

Anggota : 464
Konten : 97
Web Link : 17
Jumlah Kunjungan Konten : 592141